Selasa, 14 Desember 2010

Kurikulum berbasis Open source software harus diterapkan pada Pendidikan Sekolah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Seiring perkembangan zaman yang semakin pesat dan maju terutama pada sektor teknologi informasi ( TI ). Membuat pemerintah berperan dalam perkembangan bidang tersebut. Dalam hal ini contohnya pada biadang pendidikan, pemerintah telah memasukkan kurikulum TIK atau KKPI ( Ilmu Komputer ).

Disamping itu pula, pemerintah juga membuat suatu gerakan yang dinamai " IGOS (Indonesian GO OpenSource Software) " yaitu suatu gerakan untuk menjadikan indonesia seluruhnya menuju untuk menggunakan software berbasis opensource. tetapi kurikulim yang diterapkan disekolah akan pelajaran komputer belum mempelajari ilmu dari opensource software padahal buku-buku tentang ilmu Opensorce sudah banyak. contoh pelajaran opensource software adalah pengguaan UBuntu , open office, dll.

Jadi saran saya adalah agar pemerintah harus mengganti kurikulum KKPI atau pelajaran TIK disekolah dengan kurikulum yang berbasis ilmu dari Opensource software untuk memperlancar gerakan IGOS dalam menjadikan indonesia menuju opensource software yang tentunya bebas lisensi dan bebas pengembangkan. Karena dengan pendidikan secara dini akan mepercepat itu semua , ditambah lagi pesatnya orang muda di indonesia.

terima kasih

Wassalmu'alaikum Wr. WB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar