Minggu, 04 November 2012

Hambatan - hambatan Komunikasi (2)

Nama       : Sandy Achmadi
NPM        : 16111585
Kelas       : 2KA30

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------  

Faktor –faktor  hambatan organisasional
Status seseorang dalam organisasi terutama tergantung prestise yang berhubungan dengan posisi yang ia duduki . Pengaruh status pada arah dan frekuensi komunikasi organisasional telah menjadi pokok bahasan banyak studi. Kenyataan menunjukan bahwa :
1.      Pada umumnya orang-orang lebih senang mengarahkan komun ikasi mereka ke individu –individu yang statusnya lebih tinggi.
2.      Orang – orang yang status tinggi pada umumnya lebih banyak berkomunikasi satu dengan yang lain daripada dengan orang- orang yang berstatus lebih rendah.
3.      Semakin lebar perbedaan status , semakin besar kecenderungan bahwa informasi akan mengalir dari orang – orang yang berstatus lebih tinggi ke orang – orang dengan status lebih rendah dan tidak sebaliknya.
4.      Orang –orang dengan satus tinggi pada umumnya lebih mendominasi pembicaraan dibanding  orang-orang yang berstatus lebih rendah
5.      Orang-orang dengan status rendah sering berupaya untuk mendapatkan perhatian dari mereka yang berstatus lebih tinggi dengan menunjukan respek , memuji-muji dan menyutujui pandangan mereka.



Faktor-faktor hambatan teknologis
Bahasa dan pengertian , salah satu hambatan terbesar terhadap akurasi komunikasi adalah anggapan bahwa kata-kata yang sama mengandung pengertian yang sama . karena bahasa, seperti matematik , merupakan suatu system symbol, kata – kata itu tidak mempunyai pengertian.
Isyarat – isyarat Nonverbal. Pada saat orang berbicara , kata –kata nya sering diikuti oleh isyarat-isyarat nonverbal, seperti gerakan tangan, ekspresi wajah, postur tubuh , gerakan tubuh, nada suara, dan lainnya.


Peningkatan Efektifitas Komunikasi
Peningkatan efektifitas komunikasi akan semakin memudahkan pertukaran informasi yanga relevan dengan pekerjaan , dan pada gilirannya akan memperbaiki pelaksanaan kerja organisasi.

Audit Komunikasi
Perkembangan organisasi – organisasi mengandung implikasi peningkatan kebutuhan akan perbaikan proses komunikasinya.Tetapi kenyataan menunjukkan bahwa organisasi –organisasi tersebut , seperti individu-individu adalah berbeda satu dengan yang lain . Setiap organisasi adalah produk sejarah, teknologi, personalia, industrinya sendiri. Dan sebagai akibat keunikan ini, organisasi – organisasi mempunyai masalah – masalah komunikasi khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar