Minggu, 04 November 2012

Hambatan – hambatan komunikasi (1)



Nama : Sandy Achmadi
NPM  : 16111585
Kls     : 2KA30 

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Hambatan – hambatan komunikasi

Komunikasi tidak efektif dapat disebabkan berbagai macam hambatan manusia dan teknis yang berbeda . berikut ini akan dibahas bentuk-bentuk hambatan komunikasi yang sering terjadi pada struktur –struktur yang kompleks. Bentuk –bentuk hambatan tersebut dapat diklarifikasikan kedalam empat kategori. : dlam diri pribadi , antarpribadi, organisasional , dan teknologi.


Faktor – faktor hambatan dalam diri pribadi
Personal selektif  : Hubungan antar persepsi dan komunikasi adalah kompleks. Seseorang akan cenderung menolak , atau salah mengartikan informasi – informasi yang tak sesuai dengan anggapan – anggapan atau harapan –harapan yang secara emosional dibentuk sebelumnya .
Sebagai contoh , adalah suatu kenyataan bahwa orang mempunyai kecenderungan untuk melihat dan mendengar hanya apa yang ingin ia inginkan untuk dilihat dan didengar .
Perbedaan – perbedaan Individual dalam keterampilan komunikasi. Disamping perbedaan kemampuan persepsual mereka . orang-orang juga berbeda dalam kemampuan mereka untuk mengembangkan dan menerapkan kemampuan komunikasi dasar .Banyak orang tidak bisa mengungkapkan sesuatu secara verbal /lisan tetapi mampu menulis berita dengan jelas dan ringkas.



Factor – factor hambatan antarpribadi

Iklim (suasana ) . Dalam suatu organisasi .hubungan antara seseoerang atasan dan bawahan terutama berasal dari perlakuan yang diterima setiap pihak dan dari cara dengan mana perilaku timbale balik ini di interprestasikan .Pada saat atasan dan bawahan berkomunikasi perasaan-perasaan yang muncul akan membatasi atau mendorong baik isi maupun frekuensi komyunikasi mereka , dan mempengaruhi cara-cara mereka berkomunikasi satu dengan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar