Minggu, 15 Juli 2012

Faktor Yang Menentukan Kualitas Pendidikan Seseorang

Diera globalisasi saat ini, persaingan antar individu atau kelompok ( perusahaan ) semakin ketat di berbagai bidang. Bagaimanakah kita bisa menghadapi persaingan ini ? tentunya setiap individu harus mempunyai bekal yaitu kemampuan intelektual dan keahlian ( skill ) yang mumpuni. Kemampuan ini bisa di capai dengan menempuh Pendidikan . Dengan ini, maka kualitas pendidikan sangat dibutuhkan untuk mencapai hasil yang maksimal .

Kualitas Pendidikan yang baik adalah kemampuan elemen ( pelajar, pengajar bahkan pemerintah, dll ) yang bekerja sama dalam menjalankan sistem pendidikan di setiap intansi pendidikan ( sekolah, perguruan tinggi ) untuk mencapai hasil yang di inginkan yaitu mencerdaskan bangsa, sehingga dapat berkontribusi penuh dalam pembangunan bangsa dan Negara yaitu melalui gagasan/ide, inovasi, karya , penemuan dan lain-lain yang hasilnya langsung di rasakan dimasyarakat.



Adapun faktor yang menentukan kualitas pendidikan seseorang

Intansi Pendidikan

Intansi pendidikan sangatlah berpengaruh karena disini individu di asa, dilatih, diberikan ilmu untuk menambah kemapuan intelektual dan keahliannya. Tentunya jika sistem pendidikan dari sekolah atau perguruan tinggi itu baik , maka lulusannya pun akan berpengaruh di tengah masyarakat dan sebaliknya.

Pengajar

Pengajar ( guru, dosen, trainer ) akan menentukan kualitas dari pendidikan seseorang karena pengajar yaitu sebagai sumber ilmu. Dan langsung berinteraksi dengan anak didiknya, jadi kalau mereka mampu mengajar dengan baik maka anak didiknya menjadi cerdas . Sebaiknya sekolah harus lebih selektif merekrut para pengajar misal selain pengajar menguasai materi yang di ajarkannya, ia juga harus bisa menjadi motivator untuk anak didiknya serta pengajar harus mempunyai beberapa karya ilmiah .

Nilai yang di dapat

Seseorang yang kualitas pendidikannya baik tentu ia akan lulus mendapat nilai yang bagus, baik nilai teori maupun praktek.

Sarana dan prasarana Intansi pendidikan

Jika sarana dan prasarana di intansi pendidikan mamadai maka para siswa maupun mahasiswa akan lebih mudah mengekplorasi kemampuannya dari ilmu yang telah di dapat

Kurikulum Pendidikan

Sebaiknya kurikulum pendidikan yang di berikan sekolah kepada para siswa harus disesuaikan dengan perkembangan saat ini, artinya ilmu yang di pelajari sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Jika kurikulum-nya tidak selalu di perbaharui maka lulusannya pun akan ketinggalan jaman.

Lingkungan pergaulan

Pergaulan berdampak besar dalam pembentukan kepribadian seseorang , terutama jika lingkungan sekolah dan tempat bermainnya baik maka ia kan terbawa baik dan sebaliknya.

Dukungan keluarga

Dukungan orang tua dan saudara akan berdampak positif pada kondisi psikologis seorang pelajar ataupun mahasiswa. Dukungan berupa materi dan moril . dengan dukungan ini, maka ia akan lebih fokus, nyaman dan semangat dalam menempuh pendidikannya.

Kemauan

Seseorang yang mempunyai kemauan yang tinggi untuk belajar , ia akan semaksimal mungkin untuk rajin, tekun, ulet dan disiplin dalam menempuh pendidikan .

Jenjang Pendidikan

Semakin tingginya jenjang pendidikan seseorang, maka semakin berkualitas pendidikan orang tersebut.

Kontribusi dan pengaruh

Kualitas pendidikan seseorang dapat dilihat dari sejauh mana kontribusi dan pengaruh dia kepada lingkungan masyarakat, artinya seseorang yang kualitas pendidikannya baik , ia akan selalu berkontribusi yaitu melalui ide / gagasan, inovasi, karya kreatifitas, penemuan yang merupakan hasil dari menempuh pendidikan .


Sumber :

http://edukasi.kompasiana.com/2012/07/15/faktor-yang-menentukan-kualitas-pendidikan-seseorang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar