Teknologi informasi dan komunikasi, pada masa sekarang tidak dapat
dilepaskan dengan telematika (cyberspace). Perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi, telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan di masyarakat, antara
lain dalam alam perkembangannya, teknologi telematika ini telah menggunakan
kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah
besar informasi dapat ditransmisikan dengan jangkauan, menurut keperluan,
sampai seluruh dunia. Pada saat ini informasi sudah banyak berkembang
sedemikian rupa, hanya saja harus adanya dukungan teknologi. Dari perkembangan
pesat tersebut , dapat kita saksiskan dikehidupan masyarakat dimana mereka tidak dapat melepaskan teknologi dari
kehidupannya kalau ia mau tetap bertahan. Sebagai contoh saat ini siapa
masyarakat yang tidak memiliki handphone untuk komunikasi ? . Teknologi telematika yang telah berkembang
sehingga mampu menyampaikan suatu informasi. Sebagai contoh, sekarang semua
orang sudah memunyai handphone, dan semakin hari semakin pesat perkembangan.
Layanan Informasi pada telematika
Pengertian Layanan Informasi yaitu
sebuah penyampaian berbagai informasi
kepada sasaran layanan agar individu dapat memanfaatkan informasi tersebut demi
kepentingan hidup dan perkembangannya. Informasi adalah salah satu asset
penting yang sangat berharga bagi kelangsungan hidup suatu organisasi/bisnis,
pertahanan keamanan dan keutuhan negara, kepercayaan publik atau konsumen,
sehingga harus dijaga ketersediaan, ketepatan dan keutuhan informasinya. .
Informasi dapat disajikan dalam berbagai format seperti: teks, gambar, audio,
maupun video. Tujuan layanan informasi secara umum agar terkuasainya
informasi tertentu sedangkan secara khusus terkait dengan fungsi pemahaman
(paham terhadap informasi yang diberikan) dan memanfaatkan informasi dalam
penyelesaian masalahnya.
Contoh dari layanan informasi tersebut
adalah petunjuk jalan ( GPS ) . Dan beberapa contoh lainnya adalah :
a. E – Commerce
b. E - Tiket
c. News and weather
Layanan Perbaikan Sumber
Layanan telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber.
Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk
penemuan layanan utilitas yang diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam
pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan
perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang
melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan
informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan
pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya.
Konsep pengembangan sumber daya manusia di
bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan
pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital,
kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Sasaran utama dalam upaya pengembangan SDM
telematika sebagai berikut :
1 Layanan Keamanan pada telematika
Layanan
keamanan yaitu suatu yang sangat penting
untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Sistem
dari keamanan ini juga membantu untuk mengamankan jaringan tanpa menghalangi
penggunaannya dan menempatanya. Jika ketika jaringan berhasil ditembus.
Keamanan jaringan di sini adalah memberikan peningkatan keamanan tertentu untuk
jaringan. Seperti contohnya dengan menggunakan Firewall dan juga anti virus
yang ada.
KELEBIHAN
DARI LAYANAN TELEMATIKA
Ø sangat penting untuk menjaga agar
suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang.
Ø membantu untuk mengamankan jaringan
tanpa menghalangi penggunaannya dan menempatanya.
Ø memberikan peningkatan keamanan
tertentu untuk jaringan.
Ø untuk mengerti akan
kebutuhan dari user, network, lingkungan.
Ø sangat dibutuhkan
suatu teknologi yang dapat memberikan kemudahan bagi user untuk mengakses
informasi setiap saat user membutuhkannya.
Ø dapat digabungkan
dengan beberapa data dan informasi yang di inputkan dari user.
Ø berfungsi untuk
penemuan layanan utilitas yang diperlukan.
Ø berfungsi dalam pengindeksan
lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Ø meningkatkan
kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk
mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan
kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
secara efektif dan optimal.
v Data yang mudah terhapus dan
kehilangan data yang akan di proses.
v Terjadinnya kehilangan jaringan pada
layannan informasi yang akan di gunakan pada komputer ketika komputer
bermasalah.
v Biaaya yang mahal untuk penempatan
atau penggalokasian sistem tersebut.
v Terjadinya kebobolan data pada
sistem.
v Kesusahan pada jaringan pada saat
berada di daerah yang susah di jangkau pada daerah terpencil.
SARAN
Pada
pembahasan kali ini penulis menyarankan agar dapat dipergunakan dengan apa yang
telah ada pada layanan telematika dan di pergunakan dengan sebaik – baiknya.
Jadi apa yang telah di berikan pada layanan telematika perananya sangat penting
bagi para pengguna tehknologi dan informasi untuk menunjang kinerja suatu
sistem kelangsungan dan penggembangan tehknologi yang lebih baru.
Dan untuk kekurangan – kekurangan yang ada lebih di
perbaikin lagi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar