Rabu, 20 Februari 2013

Gaya Presentasi Ala Bill Gates & Steve Job


Presentasi merupakan kegiatan tidak asing lagi bagi mahasiswa .  oleh karenanya , presentasi adalah ilmu yang harus di miliki bagi para mahasiswa. Presentasi bukanlah hal mudah karena ini membutuhkan kemampuan softskill yang harus terus di asah  karena presentasi akan semakin bagus bila terus di latih .
Penulis mengutip sebagian isi dari tulisan  teknojurnal.com  , yang membandingkan gaya presentasi antara Bill Gates & Steve Job . Bill Gates adalah bos besar dan pemilik  perusahaan software Microsoft . Sedangkan Steve Job adalah mantan CEO dari Perusahaan Apple  . berikut :

David S. Rose memberikan tips bagaimana baiknya menuliskan materi kita di dalam layar presentasi kita. Coba perhatikan gambar di bawah ini:


Dia memberikan contoh bagaimana Bill Gates membuat slide presentasinya dan bagaimana Steve Jobs membuat slide presentasinya. Bisa kita lihat betapa fenomenalnya setiap presentasi keynote dari Steve Jobs (apalagi ketika launching iPhone 1) yang langsung membuat produk itu laku besar-besaran di pasar. Bahkan ketika tidak ada inovasi yang tinggi, Steve Jobs masih mampu membawakan keynote dengan sangat baik lagi. Apa rahasia slide Steve Jobs?
 
Bill Gates

Steve Job



Steve Jobs tidak menggunakan poin-poin di dalam slidenya, dia tidak memasukan kalimat panjang, apalagi paragraf di dalam slidenya. Yang ada hanya gambar atau grafik atau kalimat atau video atau demo. Mengapa dia melakukan ini? Steve Jobs ingin penonton fokus kepada dirinya, fokus kepada apa yang ia katakan, fokus kepada kalimat-kalimat mutakhir yang ingin dia keluarkan, bukan malah membaca butiran-butiran slide yang ada di panggung, bukan sibuk mencatat paragraf yang ada di panggung, tapi sibuk mendengarkan kalimatnya. Materi yang ada di slide presentasi berbeda dengan materi yang dibagikan ke pendengar (handout). Ketika presentasi, buatlah orang fokus pada kita.


Bagaimana menurut anda , gaya siapakan yang anda pilih ? Bill Gate atau Steve Job. saran saya ketika kalian berpresentasi jadilah diri sendiri


Menurut penulis presentasi yang baik harus mencakup unsur - unsur yaitu Komunikasi, Pengusaan materi, integritas & passion , Pelatan teknik presentasi ( infocus, laptop, Microsoft Power point, keynote ,dll )
 
 
 
 



2 komentar:

  1. Presentasi memang menjadi satu event penting yang menjadi salahsatu kunci sukses keberhasilan suatu bisnis atau pengenalan produk. Bill Gates tahun 2014 ini kembali menjadi orang terkaya di dunia. Seperti yang dimuat dlm website iyaa.com .

    BalasHapus
  2. Bingung cari Situs Poker Terpercaya ??
    Sering kalah? lebih sering deposit dari pada wd??

    Solusi Terbaik Buat Member Yang Sering Lose !!
    Pokers128(dot)com

    Buktiin Sendiri Main Di Pokers128 !

    Bisa Main Dari HP !!
    Support IOS & ANDROID

    7 Games Dalam 1 User_ID

    Menangkan Jackpot Harian S/d Puluhan Juta
    Jackpot Global Ratusan Juta

    Minimal Deposit Sangat Terjangkau !!
    Rp 10,000

    Withdraw Diproses Super Cepat !
    1menit s/d 3menit

    JANGAN TUNGGU DAN JANGAN RAGU LAGI UNTUK MENJADI SEORANG PEMENANG DAN DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA DI WWW.S1288POKER.COM

    Info lebih lengkap,silahkan hubungi CS 24/7 kami melalui :
    PIN BBM : 7AC8D76B
    WA : 08122221680
    Twitter : @S1288POKER

    BalasHapus