Sabtu, 03 Maret 2012

Sekilas PHP

Php (hypertext preprocessor) dalam pengertian mudahnya adalah bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membuat website dinamis maupun aplikasi web.
Sedangkan pengertian lainnya php itu adalah suatu bahasa server-side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis
Server-side scripting disini dimaksudkan adalah suatu sintaks dan perintah-perintah PHP dimana mereka hanya akan dieksekusi di server kemudian hasilnya dikirim ke browser dalam format HTML. Sehingga kode-kode program PHP tidak akan terlihat oleh user sehingga keamanan web bisa dikatakan terjamin.
Sebagai contoh jika kita meng-save as suatu website dimana website tersebut ada implant phpnya maka kita tidak akan ikut mengesave source code phpnya, mungkin yang tercopy hanya source HMTL, JavaScript, dan CSS sedangkan PHPnya tidak tercopy .


Apa sih manfaat website ber-php itu dibandingkan dengan website hanya ber-HTML saja ?

Php itu bisa dibilang berbeda dengan HTML yang hanya bisa menamplakan konten statis. Dengan PHP kita bisa berinteraksi dengan database, file, dan folder sehingga seperti pengertian diatas, php membuat website menjadi dinamis. Dengan adanya kelebihan php tersebut kita bisa membuat suatu website berbasis blog, toko online, CMS, forum, dan website social networking contoh facebook & twitter



Syarat untuk menjalankan PHP


Kita tidak bisa langsung menjalankan code program php seperti halnya HTML. Jika kita ingin menjalankan php kita membutuhkan suatu web server, dimana web server bertugas untuk memperoses file-file php dan mengirimkan hasil pemrosesan itu untuk ditampilkan di browser client. Contohnya saja hmm menu kalkulator. Jika di website kita diberi suatu form berfungsi kalkulator maka di website tersebut kita memasukan angka-angka dan perintah, kemudian angka-angka tersebut akan diproses di dalam web server dan hasilnya akan dikembalikan ke browser client.



Web server itu sebenernya apa dan bagaimana ?

Web server itu adalah software yang diinstal pada computer local ataupun computer lain yang berada di jaringan internet atau intranet yang berfungsi untuk melayani permintaan-permintaan web dari client.
Web server yang sering digunakan adalah Apache, PHP binary, MySql. untuk lebih mudah menggabungkan ketika item itu ada sebuah software dimana dapat mengkonfigurasi ketika item tersebut sehingga pengaplikasiaanya lebih mudah. Contoh software-software tersebut adalah Lamp, Xampp, Wamp, Mamp dll. Dimana software-software tersebut harus diinstal dahulu baru bisa digunakan.
berikut linknya jika ingin mendownload beberapa web server tersebut
1.Xampp
2. Wampp
3. Mamp


(http://dicahideto.wordpress.com/2011/05/14/sekilas-tentang-php/)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar